Review Moto Finder Immobilizer Yamaha Setelah 4 Bulan Penggunaan


Hai Hallo MaxBro & MaxSist! Moto Finder Immobilizer Yamaha telah di perkenalkan hampir satu tahun yang lalu, tepatnya di gelaran Yamaha ASEAN Cup Race 2014 di Sirkuit Sentul, Bogor, Sabtu-Minggu (6-7/12/2014). Saat itu prototype immobilizer diaplikasikan pada R25 yang kemudian malah dirilis pertama kali sebagai paket pembelian GT125 Eagle Eyes.

Sebagai pengguna Yamaha NMAX dengan “kelas” yang lebih premium dari GT125 pasti MaxBro & MaxSist heran kenapa GT125 lebih diprioritaskan dalam pengaplikasian Moto Finder Immobilizer ini. Tapi jangan diambil pusing MaxBro & MaxSist! Mari berprasangka baik saja, maybe Yamaha bertujuan untuk memasyarakatkan dulu fitur ini dengan mengaplikasikannya ke motor yang jangkauannya lebih luas and show siapa yang paling inovatif di pasar skutik tanah air.  faktanya, dibelakang itu Yamaha tetap memikirkan perangkat Auto Safe khusus untuk motor-motor lainnya, terlebih NMAX.

Terhitung bulan Juli 2015 kemarin beberapa teman-teman NMAX Riders mendapatkan kesempatan mencoba prototype dari Moto Finder Immobilizer untuk Yamaha NMAX. Secara fitur Moto Finder Immobilizer ini sama saja dengan fitur Moto Finder Immobilizer untuk GT125. Yang berbeda hanyalah wiring yang disesuaikan dengan wiring di NMAX sehingga tidak perlu lagi ngurut kabel body untuk memasangkan perangkat tersebut. PnP alias Plug & Play MaxBro & MaxSist!

Terhitung 9 Juli 2015 prototype Moto Finder Immobilizer telah terpasang di beberapa NMAX milik teman-teman NMAX Riders. Dokumentasi video setelah pemasangan Auto Save pun telah di post di Instagram @nmaxriders sejak 13 minggu yang lalu.

Secara umum fitur Auto Save Yamaha adalah fungsi auto alarm, immobilizer, dan moto finder. Auto alarm berfungsi untuk membunyikan alarm jika motor dinyalakan pada saat Auto Safe dalam kondisi ON. Immobilizer berfungsi memfreeze mesin jika dinyalakan saat Auto Safe dalam keadaan ON, sekalipun dinyalakan dengan kunci asli. Fungsi terakhir adalah Moto Finder yang mirip dengan Answer Back yang diaplikasikan di skutik-skutik Honda. Moto Finder memudahkan MaxBro & MaxSist menemukan kendaraan yg diparkir di tempat parkir umum.

How to use?

Cukup sederhana MaxBro & MaxSist! Pada remote yang disertakan terdapat 2 tombol yaitu Lock dengan tombol warna merah dan disimbolkan dengan kuci gembok yang terkunci, kemudian Unlock dengan tombol warna hitam dan kunci gembok yang terbuka. Untuk mengaktifkan Auto Safe cukup menekan tombol Lock satu kali hingga motor mengeluarkan bunyi beep dan kedipan lampu sein sekali. Untuk menonaktifkan fungsi Lock, cukup menekan tombol Unlock hingga terdengar bunyi beep dan kedipan lampu sein sebanyak dua kali. Kemudian untuk mengaktifkan fitur Moto Finder MaxBro & MaxSist tinggal menekan lombol Lock selama 2 detik maka motor akan mengeluarkan bunyi beep dan kedipan lampu sein sebanyak enam kali.

Namun, dibalik semua keunggulan dari fitur Moto Finder Immobilizer ini tetap saja ada kekhawatiran tentang kinerja fitur ini di real life, real activity. Bagaimana jika saat parkir, MaxBro & MaxSist mengaktifkan auto safe, tapi kemudian batere di remote habis misalnya. Begitu akan pulang jadi tidak bisa mematikan fitur ini. Memaksakan menyalakan motor dengan kunci asli pun percuma dan malah akan disangka pencuri karena motor pasti tidak akan bisa menyala dan alarm akan berbunyi.

Untuk menguji hal ini, teman NR berikut yang beruntung mendapatkan prototype Moto Finder Immobilizer untuk Yamaha NMAX menguji kinerja perangkat tersebut setelah hampir 4 bulan digunakan.

Dapat dilihat di video di atas, sekalipun Moto Finder Immobilizer telah digunakan selama berbulan-bulan dengan segala kondisi jalan mulai dari terkena hujan, terpapar cahaya matahari berjam-jam, dibawa touring, dll, remote dari perangkat Moto Finder Immobilizer  ini masih berfungsi normal bahkan dari jarak yang cukup jauh. Bisa MaxBro & MaxSist hitung tuh berapa langkah dari posisi remot  dapat menjangkau NMAX hingga si tester sampai ke skuternya.

Testimoni teman-teman NR yang menggunakan Moto Finder Immobilizer pun selama penggunaannya tidak pernah mengalami trouble gara-gara fitur itu. Fungsi motor tetap berjalan optimal. Tidak pernah mengalami mesin mati mendadak saat dikendarai, ataupun alarm yang berbunyi sekalipun motor tidak terganggu yang kerap dikeluhkan pengguna alarm motor lainnya.

Kekurangan dari fitur Auto Safe Yamaha menurut NRblog yaitu tidak peka terhadap gerakan. Jadi sekalipun motor didorong tidak akan memicu bunyi alarm. Dengan kekurangan ini NRBlog sangat menyarankan untuk selalu menggunakan kunci stang saat parkir disamping mengaktifkan Moto Finder Immobilizer sebagai pengaman pertama dari tindak pencurian.

Namun untuk keleman Moto Finder Immobilizer di atas, bisalah kita memberikan permakluman mengingat harga yang ditawarkan pun tidak terlalu tinggi. Untuk fitur Moto Finder Immobilizer GT125 dengan fitur yang sama dijual dengan harga kisaran 600ribuan. Ada rupa ada harga MaxBro & MaxSist! 😀

Semoga versi final Auto Safe untuk Yamaha NMAX busa segera dirilis. Untuk MaxBro & MaxSist yang tidak sabar untuk memasang auto safe di NMAX masing-masing, MaxBro & MaxSist bisa mengaplikasikan Auto Safe untuk GT125. Tentunya dengan sedikit modifikasi wiring.

Sekian dulu MaxBro & MaxSist,
Ciao!

____________________
Stay in touch with us,
Facebook Group: NMAX Riders
Facebook FanPage: NMAX Riders
Twitter: @nmaxriders
Instagram: @nmaxriders
Email: nmaxriders@outlook.com