Review Jas Hujan Yamaha Master of Rain


Sumber foto: news.motorplus-online.com

Hai Hallo MaxBro & MaxSist!! Musim hujan sedang puncak-puncaknya nih. Suka atau tidak, jas hujan menjadi riding gear wajib di musim hujan ini. Banyak jas hujan yang tersedia di pasaran, dari range harga puluhan ribu hingga jutaan. Namun, masalahnya adalah jas hujan mana yang pantas dipilih, yang paling  baik dan mempunyai harga yang kompetitif sekaligus kualitas yang bagus.

Jas hujan dengan harga yang murah, kebanyakan terbuat dari plastik tipis yang rentan sobek. Diatas itu, ada jas hujan yang mempunyai bahan seperti karet, agak tebal dan sedikit elastis. Untuk jas hujan seperti ini, pengalaman NRBlog, beratnya lumayan dengan daya tahan terhadap air baik. Tapi ketika saat di cuaca agak sedikit hangat, tetap saja badan basah kuyup. Bukan karena air hujan, tapi keringat MaxBro & MaxSist, hahaha 😀
Selain itu model jas hujan seperti ini jauh dari fashionable. Yakin deh sekalinya MaxBro & MaxSist kepepet membeli sesuatu ke minimarket misalnya, semua mata akan tertuju padamu seakan sedang melihat makhluk asing yang basah kuyup.

Lanjut ke kelas diatasnya, tersedia banyak model yang sedikit fashionable dengan bahan sejenis kain yang anti air. Namun disini beberapa merek tidak menambahkan seal di jahitan sehingga air tetap akan merembes dari lubang jahitan. Di beberapa merek ada pula yang telah memberikan seal di jahitannya. Tapi, kekuatan seal tersebut umumnya buruk, seal mudah terbuka yang ujung-ujungnya, air rembes lagi dari lubang jahitan.

Untuk kelas top of the line, banyak produsen riding gear menawarkan produk andalannya. Umumnya di kelas ini built quality sudah masuk  kategori jempolan. Bahanpun bukan lagi hanya sebatas memakai kain tahan air biasa. Selain itu, varian jas hujan top of the line ini menawarkan model yang fashionable. Hingga jika siang bolong pun MaxBro & MaxSist memakai jas hujan ini, orang akan menganggap itu jaket biasa. Kemudian, kenyamananpun sangat diperhatikan. Model jas hujan di kelas ini umumnya diberikan lapisan puring yang lembut sehingga kesan lengket ke kulit saat memakai jas hujan tidak lagi terasa.

View this post on Instagram

Rainy Day at Talaga Bodas

A post shared by Surya Abidin (@valentinoyaya) on

Untuk kelas ini, NRBlog sendiri sudah memakai jas hujan Respiro Rain Suite R2 selama 2-3 tahun terakhir. Jas hujan ini buit qualitynya sangat baik, fashionable (IMHO), dan tentunya sangat nyaman.

wp-1453941347283

Namun minusnya, seal di selangkangan sangat rawan rusak. Analisis NRBlog sendiri karena di celana jas hujan ini tidak diberikan lapisan (puring) tambahan. Sehingga saat riding, celana MaxBro & MaxSist langsung bergesekan ke seal yang ada di selangkangan yang mengakibatkan lama kelamaan seal copot/sobek.

Lanjut ke topik kita di artikel ini, setelah lama memakai Respiro Rain Suite R2, akhirnya 29 Desember 2015 NRBlog mencoba “Master of Rain” yang merupakan official accessories Yamaha Indonesia sebagai pilihan jas hujan kali ini. Bicara built quality tentunya ga malu-maluin pabrikan sekelas Yamaha. Modelnya pun tidak kalah fashionable dibanding jas hujan produk sekelasnya.

wp-1453942417638

Jas hujan ini terdiri dari satu setel celana dan jas/mantel dengan bahan polyester. Pada bagian jasnya diberikan mesh sehinga kulit MaxBro & MaxSist tidak langsung bersentuhan dengan jas. Selain itu pada jas ini sudah disertakan hoody untuk melindungi kepala dari hujan. Namun sayangnya hoody ini tidak bisa dibuka atau dilipat sehingga saat riding hoodie akan bebas tertiup angin dan basah terkena air hujan, kecuali MaxBro & MaxSist mau memakai hoody ini di dalam helm.

wp-1453941591397

Pada bagin jas ini ditambahkan lapisan reflektif di bagian belakang untuk meningkatkan visibilitas di malam hari. Selain itu pada bagian tangan ditambahkan velcro di bagian pergelangan tangan dan di antara sikut dan bahu. Dengan velcro ini, bagian tangan dapat pas sempurna. Tidak ada lagi cerita jas hujan yang kebesaran.

wp-1453940691121

Keunggulan kecil di bagian ini adalah desain ujung sebelah dalam bagian tangan jas hujan ini diberikan pembatas yang cukup panjang sehingga air tidak mudah merembes ke dalam mesh. Mayoritas jas hujan produk lain kurang memperhatikan bagian ini dan hanya memberikan batas yang pendek sehingga pada saat dipakai menerjang hujan, air mudah merembes dan membasahi mesh yang ujung-ujungnya baju/jaket MaxBro & MaxSist pun jadi ikut basah.

wp-1453941403424

Minus dari bagian jas hujan ini adalah kualitas mesh yang kurang baik. Mesh tidak cukup lembut dan sangat mudah menempel pada velcro. Jika sudah menempel, apabila MaxBro & MaxSist tidak hati-hati melepaskannya, mesh tersebut rawan sobek/rusak.

wp-1453940821732

Lanjut ke bagian celana, modelnya mengadopsi model celana jaman dahulu, model baggy atau juga dikenal dengan istilah “Cut Bray”. Panjang celana sendiri bisa dikategorikan sangat panjang. Bisa dilihat di gambar di atas, hampir sejengkal bagian celana yang terinjak. Namun, untuk model celana yang agak aneh dan tidak proporsional ini justru dimaksudkan untuk menunjang fungsi dan kenyamanan MaxBro & MaxSist saat memakainya. Jas hujan pada umumnya, terutama saat dipakai pada motor type sport, ujung celana jas hujan kadang naik hingga betis sehingga pakaian MaxBro & MaxSist tetap saja basah karena tidak terlindungi. Celana yang panjang ini dimaksudkan agar saat riding masih bisa menutupi sempurna hingga mata kaki. Selain itu, di ujung celana ini ditambahkan velcro dengan desain yang melintang ke atas sehingga lingkar ujung bawah yang besar bisa diperkecil hingga fit dengan kaki MaxBro & MaxSist.

wp-1453940928030

Selanjutnya, desain potongan di bagian celana pun tidak kalah istimewa. Masalah seal jahitan di bagian selangkangan yang rawan lepas/rusak karena bergesekan dengan celana  disiasati dengan baik melalui desain ini. Pada jas hujan Master of Rain, MaxBro & MaxSist tidak akan menemukan sambungan bahan di bagian (maaf) bokong. Bahan di bagian ini pun lebih lebar jika dibandingkan lebar bahan di bagian depannya. Hal ini mengakibatkan celana ini sangat fit ketika digunakan karena menyesuaikan dengan anatomi tubuh. Kemudian bahan polyster di bagian ini pun dilapisi lagi dengan PVC sehingga konstruksinya lebih kuat. IMHO, dengan dilapisi PVC seal jahitan pun tampaknya jadi lebih menempel kuat.

wp-1453940994598

Demikian MaxBro & MaxSist! Semoga berguna.

Stay in touch with us,
Facebook Group: NMAX Riders
Facebook FanPage: NMAX Riders
Twitter: @nmaxriders
Instagram: @nmaxriders
Blog: nmaxriders.wordpress.com
Email: nmaxriders@outlook.com