Filosofi Blue Core dan Revs Your Heart


Hai Hallo MaxBro & MaxSist! Tagline #bluecore sudah lahir sejak lama. Bahkan sudah diaplikasikan ke beberapa produk sepeda motor, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Logo Blue Core juga sejak seri MotoGP Sachsenring kemarin telah dipajang di fairing dan wearpack Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo menggantikan logo Semakin Didepan Yamaha Indonesia. Namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui tentang apa itu Blue Core. Kami banyak mendapat pertanyaan mengenai teknologi tertinggi Yamaha ini. Dalam beberapa artikel ke depan kami akan membahas Blue Core dengan turunan teknologinya.

wpid-wp-1442215988685.jpg

Blue Core didasari oleh tagline Yamaha Global, yaitu “Revs Your Hearth”. Tagline ini telah lahir sejak tahun 2011 lalu. Revs Your Hearth mempunyai arti yang cukup dalam yaitu “Geber Semangatmu” dan “Tingkatkan Adrenalinmu”. Di sini, Yamaha ingin para konsumennya dapat merasakan level yang berbeda dari sebuah sepeda motor.

Revs Your Hearth mempunyai tiga filosofi yang dituangkan dalam film pendek yang dirilis mulai dari tanggal 20 Mei 2014 di website http://www.revstation.com. Filosofi pertama adalah passion untuk inovasi dengan mengubah aturan atau mengubah hal yang biasa. Cerita mengenai filosofi pertama bisa dilihat di episode pertama dengan lahirnya produk yang out of the box dengan inovasi yang tinggi yaitu Yamaha Tricity. Filosofi kedua adalah nilai luar biasa dan pengalaman. Tujuannya, memperkuat identitas atau meningkatkan kesenangan masyarakat lewat sepeda motor. Cerita ini terdapat di episode kedua dengan ditandai developing R25 hingga sempurna dengan menyuntikan prestasi Yamaha di ajang balap selama 50 tahun. Filosofi terakhir adalah memperkaya kehidupan yang tujuannya melampaui pengalaman manusia atau memuaskan hidup mereka. Cerita ini ada di episode ketiga.

Blue Core sendiri muncul pada episode ketiga. Dalam episode tersebut diceritakan tentang dua ide yang saling bertolak belakang dari dua ilmuan Yamaha dalam menyusun sebuah mesin. Satu ide menitikberatkan pada performa, sedangkan ide lain menitikberatkan pada efisiensi. Setelah berdebat panjang akhirnya kedua ilmuan tersebut masuk ke dalam semacam simulator yang menggabungkan kedua pikiran mereka hingga akhirnya didapat titik temu yaitu “every drop for every moment”. Pertemuan kedua ide ilmuan Yamaha ini menggabungkan sisi efisiensi dan performa l. Setiap tetes bahan bakar harus bisa dikonversi menjadi tenaga secara maksimal. Sebuah filosofi tentang performa dan efisiensi yang maksimal. Lalu simulator tersebut menamakan folosofi ini sebagai “Blue Core”.

Dijelaskan lebih jauh oleh YIMM melalui Video Knowledge di atas, Blue Core lahir dilatarbelakangi oleh kebutuhan energi, produktifitas, dan efisiensi yg tinggi untuk mewujudkan mimpi setiap orang. Harga energi yang semakin tinggi membuat produktifitas dan efisiensi menjadi hal yang bertolak belakang. Saat menginginkan efisiensi, harus dibayar oleh produktifitas yang rendah, begitu pula sebaliknya. Dengan fakta itu ilmuan Yamaha menciptakan sebuah ide untuk mengakomodir kedua hal tersebut dengan mesin yang bertenaga namun hemat bahan bakar untuk pemakaian jangka panjang.

Hal tersebut dilakukan bukan dengan menciptakan dan mengaplikasikan berbagai komponen tambahan yang membuat biaya malah semakin tinggi, tetapi dengan melakukan update terhadap mesin yang ada dengan penyempurnaan disetiap sisi. Blue Core adalah filosofi yang menggabungkan desain mesin dengan performa tinggi namun tetap efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Jadi, sudah tidak bingung lagi kan MaxBro & MaxSist tentang apa itu Blue Core dan apa makna dari Revs Your Heart? 😀

____________________
Stay in touch with us,
Facebook Group: NMAX Riders
Facebook FanPage: NMAX Riders
Twitter: @nmaxriders
Instagram: @nmaxriders
Blog: nmaxriders.wordpress.com
Email: nmaxriders@outlook.com