Ferrox Air Fiter Test part_2


Melanjutkan artikel sebelumnya disini, setelah berkonsultasi dengan Mekanik Beres Arista dan Bahana, akhirnya diputuskan untuk menaikan settingan CO ke angka +6.

Impresi setelah menaikan settingan CO ke +6 torsi dan power terasa naik signifikan. Tiap tarikan throttle selalu menggelitik untuk terus menaikan kecepatan. Untungnya di MID disetting ke tampilan AVE F/Eco sehingga laju motor terus di rem kekhawatiran boros BBM 😀

Tes sendiri dilakukan dengan rute dan cara berkendara yang kurang lebih sama dengan kbiasaan sehari-hari dengan raihan Ave F/Eco sebesar +- 40 Kpl. Diajak komuter di Kota Garut yang tidak terlalu padat terus lanjut rute pulang pergi melalui jalur Garut – Limbangan yang lumayan lengang. Pada tingkat CO +6, untuk mempertahankan AVE F/Eco, tarikan throttle harus dilakukan dengan selembut mungkin. Pada level ini tingkat pembakaran masuk kategori sangat optimal hingga tagline #bluecore dengan “every drop for every moment” pun sangat terasa. Saat dicoba Stop & Go dengan tarikan throttle sesuka hati angka Ave F/Eco langsung drop.

Jika gaya berkendara MaxBro & MaxSist type “seruntulan” dengan kondisi lalu lintas padat menggunakan setting ini, dipastikan BBM akan banyak terbuang percuma karena setiap moment gaya yang dihasilkan oleh pembakaran mayoritasnya akan terbuang sia-sia. Setiap momen yang dihasilkan tidak sepenuhnya digunakan untuk menggerakan motor, sebagian besarnya terbuang percuma karena harus melakukan braking. Untuk MaxBro & MaxSist yang tidak terlalu peduli akan konsumsi BBM, setting CO di tingkat +6 akan sangat mengasyikan dan memanjakan feel riding. Hentakan torsi akan sangat terasa meskipun tarikan throttle baru sedikit. Namun untuk MaxBro & MaxSist yang mempunyai gaya berkendara kalem dan tidak masuk ke jalur padat yang mengharuskan Stop & Go, settingan ini patut dicoba.

 

wpid-wp-1441617840721.jpg wpid-wp-1441617858458.jpg

Momen WOW-nya, setelah di tes beberapa hari dengan menempuh jarak 879 – 542 = 337 Km, diperoleh Ave F/Eco sebesar 40,2 Kpl. Ternyata setelah dinaikan tingkat CO ke +6 dikombinasikan dengan gaya berkendara yang halus tidak menjadikan NMAX boros BBM. Setelah di cek kondisi busi, terlihat warna kecoklatan dengan kondisi kering. Warna kecoklatan ini menurut beberapa referensi menunjukan pembakaran yang baik.

wpid-wp-1441617878277.jpg

Finally, selogan “Green” yang disematkan kepada Filter Udara Ferrox bukan hanya sekedar warna logonya saja. Namun juga membantu dalam upanya meminimalisir pemanasan global dengan mengoptimalkan proses pembakaran. Asal digunakan dengan petunjuk dan perawatan yang baik. Perawatan Filter Ferrox sendiri tergolong sangat mudah, hanya perlu dibersihkan setiap 2.000 Km dengan air bersih. Jika terdapat kotoran yang menempel dan tidak hilang dengan air, pembersihan bisa dilakukan dengan menggunakan sikat halus dan sabun cair.

Note: Kenaikan power dan torsi hanya berdasarkan feel penulis. Pengujian dengan alat ukur diperlukan untuk mengukur kenaikan secara ril
valentinoyaya

__________

Stay in touch with us,
Facebook Group: NMAX Riders
Facebook FanPage: NMAX Riders
Email: nmaxriders@outlook.com
Twitter: @nmaxriders
Instagram: @nmaxriders
Blog: nmaxriders.wordpress.com